SHiT *Surabaya Heritage [ai] Track*


“…lagian susah banget ngajakin anak2 infor itu buat jalan2 ke tempat2 kayak ginian, lebih seneng ng-game.hehehehe”

Kira2 inilah sepenggal comment gw di facebook yang akhirnya memulai advanture kita kali ini. Gak…, gak cuman Surabaya Heritage track doang, tapi petualangan yang lebih besar dari itu. n____n
Dasar Rikes, tadinya ini cuma salah satu taktik gw buat PDKT sama si Sandra, abis ngeliat foto2nya dia di facebook tentang Surabaya adventure. Walaupun gw emang suka wisata sejarah,tapi setelah gw pikir2 ternyata lebih gede pengen PDKTnya deh. Hohohoho

Hasilnya??

Baca aja terus ni blog
n_____n

Minggu, 25 October 2009
Pagi itu kita berdua kesiangan. Rencana mau berangkat jam setegah 7, akhirnya kita malah berangkat jam setengah 8. Padahal rencananya kita mau ikutan tour gratis dari House of sampoerna *yang sekarang akan kita singkat jadi HOS* yang jam 9 pagi. Buat ikutan tour itu kita harus daftar dulu, dan berhubung itu adalah hari minggu, jadi kita gak bisa daftar lewat telp dan harus ke sana.
Semua udah siap *siap2 gak siap, wong telat…*, pas di kos gw…
Sandra: “waduh, dompetku ketinggalan…”
Gw dengan tenangnya mencoba untuk me-“nyantai”-kan keadaan dengan berkata, “santailah… kan ada akang…, emang kita perlu berapa sih?”
The problem is, hari itu adalah hari minggu di akhir bulan oktober. Saat itu duit yang ada di atm gw tinggal 50rb, dan gw baru dapet kiriman hari senen nya.
“50 rebu cukup? Gimana kalo kita jalan kere2an? Biar lebih seru…”. Kata gw yang sekarang mencoba menenangkan diri mengingat berapa saldo yang ada di atm gw saat itu.

“Cukup koq,,,”. Si Sandra dengan semangatnya

5 detik kemudian…,
“..erm.. cukup gak yah?”

Lah…
3 detik kemudian…,
“cukup kan yah???”. Tanya nya dengan polos kepadaku…
Rikes, “TT_______TT”.

Akhirnya setelah bertanya pada rumput2 yang bergoyang, perjalanan pun dimulai.
Syukurlah….
Dari kos gw kita nunggu bus di A.Yani. Naik bus jurusan yang ke JMP, bayarnya cuman 2500 seorang. Abis itu minta turun sama sopirnya di jalan masuk ke HOS. Dari depan gang ini kita bisa naek becak, biasanya si abang minta di atas 5rb, tapi kalo pinter tawar rasanya bisa dapet sampe 4rb doang, soalnya emang gak jauh tempatnya. Waktu itu gw ngasih si abang 5rb. Kasian juga kalo mau nawar kemurahan, kayak ibu2 komplek aja. Hidup mereka udah cukup keras men…
Sampe di HOS, bus nya masih belom berangkat *horayyy…*. Kita langsung ke bagian reservasi nya. Tapi ternyata udah penuh busnya *gak jadi horrayyy…*. Padahl dari luar masih banyak bangku kosong, kata mbak2nya udah pada pesen tapi belom dateng. Mereka bakalan ditunggu sampe jam 9, kalo emang gak dateng sampe jam segitu baru bisa digantiin. Mbak nya nyaranin gw ambil yang jam 1 siang aja,*jam 1??? Yang bener aja…* gw bilang si mbaknya supaya gw dimasukin waiting list, jadi kalo ada yang gak dateng kita yang gantiin. Tapi si mbak tetep bersikeras supaya gw masuk yang jam 1 aja. Sempet ngotot2an juga, tapi akhirnya si mbak2 itu yang keluar jadi juaranya.
Hufh…
Mau gimana lagi, si mbak bilang yang belom dateng ada 8 orang dan udah ada 8 orang yang dateng duluan dari kita n masuk waiting list duluan. Akhirnya kita berdua mutusin untuk jalan2 di museumnya HOS, tapi gak tau apakah gw masih punya feeling kuat kalo kita masih bisa naek itu bus yang jam 9 atau masih kebawa capek sama kesel gara2 gak bisa ikutan di bus itu. Gw bilang sama sandra buat tunggu sebentar, siapa tau aja ada keajaiban yang terjadi. n____n
Dan keajaiban itu pun akhirnya dating, ada bapak2 sama ibu2 dengan beberapa anak kecil dateng pake becak n lari2 ke arah kita. Ternyata meraka adalah sebagian orang yang udah booking. Setelah dihitung-hitung, kursi yang nyisa di bus cuman tinggal 2 doang. Dan ajaibnya 8 orang itu adalah rombongan sehidup semati yang gak mau di pisahkan oleh apapun. Motto mereka, “satu pegi, semua pegi…”. Motto gw waktu itu, “kalo lu gak mau naek…., bagus dah…” hehehehe
Sambil tersenyum lebar saat mendengar pembicaraan antara si mbak sama 8 sahabat itu, gw segera siap2 untuk nyamperin si mbak setelah yakin ke arah mana pembicaraan meraka akan berakhir.
Yups, they out and we’re in.
10 menit kemudian,

“…mural yang anda lihat di sebelah kiri jalan adalah tembok dari penjara kali sosok yang sengaja dibuat untuk mengurangi kesan angker dari penjara ini…”

Si mbak2 tour guide ngasih penjelasan kita2 para turis dadakan, layaknya seorang ibu guru sedang menjelaskan pada murid2nya. Btw gw yakin banget ni mbak2 orang betawi, logatnya kental banget. Tapi koq bisa nyasar ke sini yah? *Tanya kenapa??? Ngaca donggg…*

Banyak banget hal baru yang gw baru tau dari si mbak2 betawi ini tentang Surabaya. Pada tau gak kalo ternyata daerah pasar gantung itu dulu adalah daerah keraton. Jadi gak cuman jogja sama solo aja yang ada keraton, Surabaya juga punya, namanya kekeratonan Surabaya. Trus di daerah praban itu *deket siola tempat jual dvd bokep bajakan* yang penuh dengan ruko2 dan penjual kaki lima di tengah kota, orang2 mungkin jarang perhatiin kalo di situ ada satu pintu kecil warna ijo yang di dalemnya itu makam dari orang yang katanya pembabat hutan pertama kali di Surabaya. Jadi istilah kerennya do’i orang pertama di tanah Surabaya ini lah.
Trus katanya lagi di bawah Surabaya ini ada trowongan2 rahasia buatan jaman Belanda dan Jepang yang saling menghubungkan antara gedung yang ada di Surabaya.

Perhentian pertama kita di kantor walikota *apa balaikota yah? Lupa gw* gak ada yang menarik. Cuman ada patung ikan sura sama buaya, cikal bakal kota Surabaya. Sempet foto2 juga disini.


Perhentian kedua yang juga adalah perhentian terakhir, kita masuk kayak pusat kebudayaan gitu, namanya cak durasim. Pas nyampe ada yang lagi nari2. Gak tau juga merak nari apaan, sempet suru si sandra ikutan, rencananya mau gw foto dan akan jadi bahan ejekan seumur hidup, tapi ternyata dia gak mau. Hehehe
Parkiran cak durasim siang itu penuhhhhh… banget. Bus kita sampe susah banget mau masuknya. Sempet timbul kekaguman juga dikepala gw, ternyata orang2 di Surabaya masih peduli juga dengan budaya tradisionalnya, gak kayak di Jakarta, barang ginian mah cuman bisa ditemuin di kampung2 kayak condet dan sekitarnya. Tapi kekaguman itu sirna setelah membaca nama Advent Bangun di salah satu banner yang ada di situ. Koq kayak kenal yah? Ya iyalah, itu kan nama pendetanya Tiberias. Lah… ternyata yang membuat cak durasim rame gara2 ada gereja di situ. Keterlaluan juga pikir gw ni gereja2, semua tempat bisa dibikin gereja, mulai dari mall, hotel, ruko, sampe pusat kebudayaan juga. Mungkin kalo kepepet WC umum juga bakalan dipake yah? Hohohoho. Apa mungkin juga sanking gak ada pengunjungnya, salah satu cara yang di tempuh oleh pengurus pusat budaya cak durasim supaya budaya tradisional tetap bertahan adalah dengan menyewakan salah satu ruangannya untuk menjadi gereja. Like I said before, hidup ini keras men…

Lumayan lama di cak durasim, gak banyak yang bisa dilihant di sini selain beberapa ibu2 yang lagi goyang pantat,


tapi lumayan juga buat seru2an, apalagi kalo jalan berdua doang dengan si do’i. n_____n
Pas perjalanan pulang kearah HOS, si sopirnya muterin kita lewat jalan belakang, sisi lain dari penjara kali sosok. Beda banget dari sisi yang kita lewat pas pegi yang penuh dengan mural2, sisi yang ini lebih tua, lebih angker dengan adanya menara pengawas yang udah gak kepake lagi, lebih classy menurut gw. Keren dah. Kita lewat satu jalan yang isinya bangunan tua dengan tembok2 bata merah tuanya, jendela2 besar, pintu2 besar membuat gw seolah-olah ada di era perdagangan hindia belanja jaman kuno dulu *dalem hati gw bilang ntar abis dari sampoerna gw mau jalan or naik becak ke sini buat foto2 ah*, cuma bedanya kita naik bus aja. Oiya, gw udah bilang belom kalo busnya sampoerna unik banget.
Sampe di HOS, sandra ngajakin buat keliling2 dulu di museumnya. Hal yang akan gw sesali seandainya ke sini tapi gak masuk ke museumnya. Begitu masuk pintunya, sampoerna menyajikan suatu desain ruangan yang hangat banget dengan dominasi warna coklat keemasan dan krem. Warna kayu yang natural banget menyatu dengan perabotan yang sebagian besar dari kayu jati *sotoy mode on*. Lightning nya juga keren banget, bikin orang betah lama2 di sini. Yang di pajang di ruang depan, kebanyakan barang2 pribadi dari Liem Seeng Tee yang adalah pendiri PT. HM Sampoerna. Mulai dari kiosnya pertama kali, bener2 dari gubug dan jualan dari kerupuk, rokok sampe kacang2an.

Ada juga sepedanya dia, lemari dengan foto seluruh badannya Liem Seeng Tee dan istri. Narsis juga mereka. n___n
Di ruangan tengah dipajang foto2 dari para pemegang saham PT. Sampoerna. Yang bagus di ruangan ini t uh toiletnya. Cozy banget buat boker kayaknya. Di ruangan belakang kebanyakan pernak-pernik dari produk2nya sampoerna. Dari kereta kuda, motor kuno sampe kios kecil kayak yang biasanya ada di pinggir jalan. Di atas tempat beli merchandise + kalo hari kerja kayaknya kita bisa ngeliat proses pelintingan rokok.
Udah puas maen2 di HOS, tiba2 si Sandra ngajakin gw buat pegi ke jalan tempat bangunan kuno yang tadi. Wuih… udah sehati kita ternyata.hoohohohoho
Rencana awal gw mau ngajakin Sandra buat naik becak, kasian kalo sampe kulit putihnya harus gosong menemani gw maen panas2an, tapi ternyata dia malah ngajak jalan supaya bisa lebih irit. Hix… terharu gw ngeliat ada ce yang mau di ajak panas2an, that’s why I love her so… much. Foto2 deh kita di situ.
Jalan dikit ke arah JMP, kita naik becak buat pergi ke arah tugu pahlawan. Si abang minta 10rb trus turun jadi 8rb, gw tawar sampe akhirnya deal 6rb. Tapi karena kasian akhirnya pas sampe di tugu gw kasih aja 8rb. Remember, hidup udah cukup keras buat mereka men…
Hehehehe

Nyampe tugu pahlawan ternyata mereka tutup jem setengah 1, padahal waktu itu udah jem… setengah 1. Untung si ibu penjaga loket berbaik hati dan ngasih kita masuk bentar buat liat2, gak banyak yang bisa diliat sih, tapi masak uda jauh2 dateng kesitu gak bisa masuk. Museum di Surabaya tuh aneh2. Dimana2 tempat kayak gituan pas hari libur buka full, ini malah buka setengah hari.
Bagian yang paling asik di sini sebenernya bukan di dalem museum seharga 2rb perak perorang nya itu. tapi pas lagi duduk2 di kursi dibawah pohon rindang yang ada di sekitar lapangan tugu. Cuma dipisahkan oleh tembok antara lapangan dengan keruetan lalu lintas kota Surabaya. Asik dah, sayangnya jam 1 kita harus diusir sama penjaganya dengan alasan tugu mau tutup. Huh…
Perut rasanya udah laper banget, tandanya untuk mencari makan. Tapi masih ada satu tempat yang belom sempet kita kunjungin. Moumen kapal selam *yang mulai sekarang akau kita sebut monkasel*. Jadi kita berdua mutusin untuk makan di daerah sana aja, supaya gak buang waktu, takutnya ntar udah keburu tutup. Dengan menumpang bus Damri, sampailah kita di daerah delta. Perut rasanya gak bisa diajak kompromi lagi, setelah nyari2 tempat makan di pinggir jalan *duit kalo gak salah tinggal 30rb T_T*, kita makan di nasi padang depan monkasel. Ternyata monkasel buka sampe jam 9 malem. Beneran gak sebanding dengan tempat2 yang kita udah kunjungin sebelumnya. Apa yang bisa lu dapetin dari 4rb perak yang udah lu habiskan untuk masuk ke dalam monkasel? Nonton video documenter tentang tu kapal dan anggkatan laut Indonesia *saran doang sih, mendingan gak usah di tonton dah*, foto2 di pinggir kali mas, serta enlightenment experience, dimana lu akan menjadi orang yang sangat bersyukur karena masih bisa menginjak daratan dan pergi bebas kemanapun lu suka. You’ll know what I’m meaning if you go there.
Gak ada yang bisa ngegantiin petualangan hari itu dah, bener2 city adventure dan suatu hari nanti pasti bakalan gw ulangin lagi… bakalan kita ulangin lagi…

Pengeluaran kita hari itu:

  • Ongkos bus @2500------------------------5000


  • Ongkos becak ke HOS---------------------5000


  • Ongkos becak ke tugu pahlawan----------8000


  • Tiket masuk tugu @2000------------------4000


  • Ongkos bus Damri @2500-----------------5000


  • Aqua botol gede-----------------------------2500


  • Nasi padang @8000------------------------16000


  • Tiket masuk monkasel @4000-------------8000


  • Ongkos bus damri ac pulang @4000------8000

  • _______________________________________________________+

  • Total pengeluaran-----------------------61500




  • Special thanx buat nonik ku yang udah membuat petualangan hari itu seru banget. Thanx yah beib, gak akan mungkin bisa seasik ini kalo gak ada kamu. n_____n

    Photo Gallery



  • balaikota






  • cak durasim









  • di dalam HOS











  • di becak




  • kota tua surabaya








  • tugu pahlawan






  • monumen kapal selam




  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    About this blog

    ini jelas-jelas punya rikes n___n